Wednesday, March 20, 2013

Dana Bantuan PKBL




Tahukah Anda bahwa trilyunan rupiah dana bantuan PKBL belum terserap rakyat pengguna? Bila Anda Telah melakukan kegiatan usaha dan mempunyai prospek untuk dikembangkan, maka Anda dapat menerima bantuan pembinaan BUMN melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).  
 
(PKBL) merupakan Program Pembinaan Usaha Kecil dan pemberdayaan kondisi lingkungan yang dibiayai oleh BUMN. Bantuan tersebut berupa kredit lunak dengan tingkat bunga menurun (sliding) lebih rendah dari tingkat bunga kredit komersil perbankan manapun.

Dana tersebut berasal dari bagian laba BUMN adalah merupakan dana pemerintah atas nama Departemen Keuangan, sepenuhnya digunakan untuk pembinaan koperasi dan pengusaha kecil, sehingga BUMN mempunyai kewajiban untuk mempertanggung jawabkannya kepada Pemerintah dan dalam pelaksanaanya BUMN akan diperiksa oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Maksud dari pada Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN merupakan penjabaran dari kebijaksanaan dan program pembinaan yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan bagi aparat pembina Instansi, Lembaga, Departemen dan BUMN di Tingkat Pusat, Daerah Tk. I dan II yang berkompeten dalam pembinaan koperasi dan pengusaha kecil.
Tujuan pemanfaatan dana dari bagian laaba BUMN untuk pembinaan usaha kecil dan koperasi tersebut adalah:
  1. Meningkatan kelancaran dan mempercepat proses pelaksanaan pembinaan koperasi dan pengusaha kecil oleh BUMN.
  2. Mengefektifkan penyaluran dana pembinaan oleh BUMN dan mengoptimalkan kemampuan penyerapan dana pembinaan oleh koperasi dan pengusaha kecil sesuai dengan potensi usaha yang dikembangkan.
  3. Meningkatkan koordinasi pelaksanaan pembinaan koperasi dan pengusaha kecil oleh aparat pembina Instansi, Lembaga dan Departemen terkait di Tingkat Pusat dan Daerah.
  4. Mewujudkan koperasi dan pengusaha kecil yang tangguh dan mandiri.
  5. Mewujudkan hubungan kemitraan antara BUMN dengan koperasi dan pengusaha kecil.    
Misi Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN dalam melakukan pembinaan kepada koperasi dan pengusaha kecil adalah:
  1. Melakukan pembinaan sekaligus menumbuh kembangkan potensi koperasi dan pengusaha kecil agar mampu berperanserta dalam pembangunan perekonomian nasional.Sebagai agen pembangunan BUMN diharapkan dapat mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi serta terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha.
  2. Membantu proses alih teknologi, pengetahuan dan manajemen kepada koperasi dan pengusaha kecil agar dapat mengembangkan usahanya, menciptakan lapangan kerja serta pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
  3. Mendorong tumbuhnya kemitraan usaha antara koperasi dan pengusaha kecil dengan BUMN dan Swasta Menengah/Besar.
 
Tata-cara / Persyaratan Pinjaman
Tata cara / persyaratan pinjaman dapat berbeda-beda untuk setiap BUMN, namun secara umum adalah sebagai berikut :
- Mengajukan proposal permohonan pinjaman yang memuat:
- Data pribadi sesuai KTP
- Data Usaha (bentuk usaha, alamat usaha, mulai mendirikan usaha, jumlah tenaga kerja, dsb)
- Data Keuangan meliputi Laporan Keuangan/Catatan Keuangan 3 bulan terakhir,
-    Rencana Penggunaan Dana Pinjaman
-    Melampirkan :
a. Fotocopy KTP Suami/Istri atau identitas lainnya.
b. Fotocopy Kartu Keluarga.
c. Pas Photo ukuran 3x4
d. Ijin Usaha / Surat Keterangan Usaha dari pihak yang  
    berwenang.
e.  Gambar / Denah Lokasi Usaha.
f.  Fotocopy Rekening Bank / Buku Tabungan.
g. Laporan Keuangan Sederhana (diisi pada formulir aplikasi).
h. Surat Pernyataan tidak sedang mendapatkan pinjaman Kemitraan dari BUMN lain.

Daftar BUMN program kemitraan bina lingkungan (PKBL)

3 comments:

  1. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL. Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    ReplyDelete
  2. Solusi tutup kartu kredit hub fitrie 081210022583/087877701859
    Solusi legal menyelesaikan kartu kredit atau KTA
    BEBAS BLACKLIST
    BEBAS KOLEKTOR
    Jasa penutupan kartu kredit
    Atasi masalah kartu kredit atau kta

    ReplyDelete
  3. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete