Saturday, October 20, 2012

Monorail Jakarta Segera Jadi Kenyataan


Kemacetan lalu lintas sudah merupakan pemandangan sehari-hari bagi masyarakat di perkotaan besar. Kemacetan terjadi akibat tingginya kebutuhan (demand side) yang tidak diimbangi oleh sarana dan prasarana (supply side).  Tingginya jumlah kendaraan bermotor tidak diikuti oleh daya dukung dan daya tampung jalan raya.  Kerugian yang ditimbulkan akibat kemacetan, dari sisi ekonomi akan meningkatkan konsumsi BBM dan biaya operasi kendaraan. Kemudian di sisi lain buruknya kualitas lingkungan yang diakibatkan pencemaran udara akan meningkat. 

Bila tidak ada perbaikan yang dilakukan pada sistem transportasi maka perkiraan kerugian ekonomi akan semakin meningkat. Salah satu alternatif solusi mengatasi kemacetan adalah dengan terus memperbaiki sarana angkutan massal. Angkutan massal dapat menampung penumpang dalam jumlah yang besar untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di jalan raya.

Monorail merupakan salah satu moda transportasi yang berbasis rell tunggal dengan penggerak berupa motor listrik. Sistem transportasi ini dapat dijadikan alternatif angkutan massal perkotaan. Monorail  cocok untuk angkutan perkotaan di Indonesia mengingat keterbatasan lahan dan kepadatan bangunan di kota-kota besar di Indonesia.

Rel monorail bisa berupa balok beton ataupun balok baja dan kendaraannya mencengkram rel tersebut (straddle type) atau menggantung (suspended). Desain guideway monorail ramping, tidak menghabiskan lahan dapat dipasang di media jalan dan masih banyak menghasilkan ruang terbuka.

Rencana Monoral Jakarta
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan cukup antusias menghadirkan megaproyek transportasi massal monorail di Jakarta. Dahlan sudah bertemu dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo untuk menawarkan proyek yang rencananya akan digarap oleh perusahaan BUMN.

Sebut saja proyek large monorail dan Jakarta Link Transportation Monorail Project yang diyakini Dahlan mampu menjadi solusi kemacetan Jakarta. Bak gayung bersambut, Jokowi mengapresiasi usulan Dahlan.

Bahkan Jokowi meminta perusahaan BUMN bisa segera mengimplementasikan dan berkoordinasi langsung dengannya. Kebutuhan akan monorail kerap dikaitkan dengan kemacetan yang selalu menjadi pemandangan ibu kota. Tapi seberapa efektif monorail bisa mengurai kemacetan Jakarta?

Monorail bukan satu-satunya cara menekan kemacetan Jakarta. Sebab, monorail memiliki keterbatasan. Transportasi massal itu hanya bisa bergerak dan mengantar penumpang dalam jarak pendek. Di beberapa negara, kehadiran monorail sangat efektif di daerah atau kawasan bisnis. "Anda lihat di Australia misalnya, monorail cuma daerah bisnis di antara gedung-gedung.

Guna mengeksekusi gagasan monorail Jakarta yang sudah mangkrak terlalu lama Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama telah menggelar pertemuan bersama Dinas Perhubungan DKI, PT Adhi Karya, PT Lembaga Elektronika Nasional (LEN), PT Industri Kereta Api (Inka), PT Telkom, dan lainnya.Pertemuan itu dalam rangka melanjutkan megaproyek transportasi massal berbasis monorel. "Intinya kan Adhi Karya atas perintah Menteri BUMN, komitmen beliau mau membantu Pak Jokowi menjadi gubernur yang sukses di Jakarta. Jadi, komitmen itu memanggil seluruh BUMN untuk meneruskan program monorel dan desainnya sudah diubah. 

Sebelumnya pemerintah daerah Jakarta pernah mempunyai proyek monorail namun telah mangkrak. Proyek yang dimulai dari tahun 2004 dan resmi ditutup pada September 2011 itu kini meninggalkan tiang-tiang yang seharusnya menyangga rel kereta pengangkut masa tersebut.



Monorail di Sydney
Kuala Lumpur
 

Las Vegas



1 comment: