Monday, July 23, 2012

Tips Belanja Grosir Pakaian di Jakarta



Yang menarik dari bisnis pakaian jadi adalah bahwa kecenderungan orang belanja karena perkembangan trend mode baru. Seorang belanja pakaian bukan karena pakaiannya rusak atau sudah tidak nyaman lagi, akan tetapi karena supaya dianggap tidak ketinggalan jaman.
Berbeda dengan bisnis makanan yang beresiko besar kalau tidak laku dalam setengah hari , untuk pakaian punya masa tenggang cukup panjang yaitu paling cepat 3 bulan atau datangnya mode baru untuk jenis pakaian dibilang modis. Sedangkan jenis pakaian standar bisa bertahun-tahun masih bisa dijual seperti hem, kemeja, sarung, sprei.
Margin jual pakaian cukup tinggi berkisar 15%-25% bahkan sampai 40% dari harga pokok, tidak seperti jualan sembako yang berkisar 5%-10%.

Modal Kerja
Tips belanja yang kami rekomendasikan ini adalah untuk tingkat Modal kerja senilai berkisar Rp. 100 juta lebih. Nilai modal kerja sebesar ini untuk toko pakaian dengan luas sekitar 100 M2 atau grosir suplayer lapak-lapak kecil di pasar-pasar. Sedangkan untuk pengecer dengan modal kecil akan lebih efektif belanja pada sales yang keliling menawarkan barang. 

Perencanaan Belanja
Sebelum Anda berangkat belanja lebih baik siapkan dahulu planning belanja Anda yang meliputi jenis, jumlah, dan batasan masimal belanja Anda hari itu dengan demikian Anda akan lebih efektif  dan cepat melakukan transaksi. Untuk inovasi belanja mode baru boleh saja Anda pertimbangkan dengan tidak melebihi toleransi 20% nilai belanja saat itu atau mode baru hanya untuk belanja periode akan datang.

Menentukan Tempat Belanja
Tempat belanja pakaian jadi di Jakarta yang menarik adalah pasar Tanah Abang karena paling lengkap dan selalu ada mode baru. Sedangkan pasar Cipulir, Mangga Dua dan Jati Negara bisa menawarkan harga lebih miring 10% dibanding pasar Tanah Abang. Pasar Cipulir lebih unggul pada produk T-Shirt dan Jeans serta kemudahan akomodasi. Pasar Jati Negara dan Mangga Dua lebih cocok untuk belanja pedagang eceran.
Untuk menentukan counter mana yang akan Anda kunjungi perlu cari informasi blok kelompok toko yang menawarkar jenis produk yang Anda inginkan supaya Anda tidak kecapaian survey jalan-jalan. Toko yang berjubel bisa dipertimbangkan untuk dikunjungi pedagang pemula.



Menawar Harga
Pengalaman Saya pribadi awalnya kaget dengan harga yang ditawarkan dipasar grosir yang ternyata lebih tinggi dibandingkan sales yang keliling dipasar-pasar. Hal ini karena kita menanyakan kepada penjaja harga per lusin atau per ¼ lusin maka kita dianggap pedagang pengecer ,sementara kita belum kenal.
Tips jitu yang Saya lakukan adalah berlagak pedagang besar yaitu dengan memesan barang sebanyak minimal 10 lusin tiap jenis, jangan tanyakan dahulu harganya biarkan penjaja toko menulis nota pembelian , dengan belanja sebesar itu maka kita akan mendapatkan harga terbaik dan penjaja toko ingin memikat kita sebagai pelanggan tetap. Jangan Anda tawar bila sekiranya harga pada nota sudah pantas untuk pasaran, bila harga tak cocok kiranya dengan harga pada pasaran tawarlah dengan pertimbangan yang tidak mengada-ada sebab grosir punya pnsip win-win solution. Menyebutkan tempat atau kota Anda berjualan dapat menjadi pertimbangan penurunan harga barang.
Apabila barang akan dipasarkan di pulau Jawa biasanya bisa mendapatkan harga pres sebab persaingan di pulau Jawa ketat, sedangkan pedagang dari luar Jawa harganya lebih tinggi sebab mampu memainkan harga setinggi mungkin.
Bila Anda belanja dalam satu toko sebesar sekitar Rp 7 juta, Anda bisa mengajukan biaya pengemasan dan bayar kuli panggul, sedangkan biaya pengiriman lazimnya kita bayar sendiri.

Pengemasan Barang
Setelah Anda membayar mintalah nota pembalian tersebut, Anda tidak perlu menunggu didepan toko untuk menyelesaikan pengemasan barang, katakan “titip dulu” maka nota Anda akan ditulis TITIP dan Anda bisa jalan-jalan belanja barang lain. Carilah kuli yang Anda percaya untuk mengurusi barang belanja Anda, serahkan nota belanja Anda pada kuli yang sudah dapat dipercaya maka barang-barang belanja Anda dari berbagai toko akan dihimpun, dikemas dan diantarkan ke agen ekpedisi pengiriman barang. Untuk pedagang pemula sebaiknya Anda boleh mengikuti langkah kuli untuk selanjutnya Anda bisa member kepercayaan lebih pada kuli. Pada umumnya para kuli pasar grosir jujur sekali sebab mereka tidak mau kehilangan mata pencaharian yang dikarenakan sebuah kecurangan. 



Pembayaran
Untuk belanja  diatas Rp. 25 juta cukup beresiko bila membayar kontan karena Anda ditempat keramaian, usahakan Anda membayar pakai ATM atau cek Giro. Untuk itu tanyakan nomor rekening pemilik toko, bayar dan tunjukkan bukti pembayaran.
Prinsipnya usahakan pembayaran toko dengan uang kertas, sehinggaAnda hanya menyiapkan biaya transport perjalanan, jasa kuli dan biaya ekpedisi pengiriman saja.

Waktu Transaksi
Pedagang grosir pada umumnya di Jakarta akan tutup pada hari Minggu demikian pula bank dan agen ekpedisi, jadi jangan belanja pada hari Minggu kecuali pengecer kecil. Datanglah ke pasar lebih pagi, untuk pasar Tanah Abang buka jam 09.00 sedangkan pasar Cipulir jam 06.00 lebih baik, karena sudah ada aktifitas dan menghindari kemacetan di Kebayoran Lama.


2 comments:

  1. Anda berprofesi sebagai seorang pedagang atau malah anda memiliki toko pakaian ? ingin Meningkatkan pendapatan / omset usaha Anda?
    kami punya solusi nya. silahkan klik disini atau silahkan kunjungi situs kami klik disini

    ReplyDelete
  2. Percayakah Anda dengan membuka aura bisa Membuat anda semakin Sukses dan tampil mempesona dengan terbukanya aura Anda . .

    kami punya jawabanya silahkan klik disini ==> Cara Membuka Aura kecantikan, Cara Membuka Aura Wajah
    , Cara Membuka Aura Jodoh

    ReplyDelete