Monday, June 18, 2012

Mobil Roda Dua


Sebuah kendaraan kombinasi dari motor roda dua dan mobil.

Daniel Kim pendiri Lit Motors menjelaskan kendaraan roda dua ini untuk memenuhi harapan masa depan transportasi yang diberi nama code C-1. Kendaraan gyro listrik ini akan dipasarkan pada tahun 2014 yang yang dapat Anda miliki.
 
Dua gyros - ditempatkan di bawah kursi - menjaga kendaraan tegak, bahkan jika terjadi tabrakan menurut Motors Lit. Yang jika benar, cukup mengesankan. Meskipun ukurannya kecil, C-1 memiliki ruang untuk pengemudi dan penumpang, juga memiliki sabuk pengaman dan airbag.

 


Motor ini pertama kali diperkenalkan pada awal Januari 2012, namun masih dalam tahap motor konsep dan sempat di posting di gizmag.com. Lalu pada awal bulan Juni, gizmag.com kembali menginformasikan perkembangan kendaraan ini.

Motor ini merupakan motor hybrid dengan energi full listrik yang didesain sedemikian rupa untuk memberikan kenyamanan pengemudi. Dengan atap penutup dan kemudi setir, motor ini seperti sebuah mobil yang melindungi Anda dari cuaca panas dan hujan. Desain body yang aerodinamis membuat kendaraan ini irit energi. Selain itu, kendaraan ini juga dilengkapi protokol konektivitas agar Anda dapat terus terhubung dengan layanan internet.


Motor ini ditenagai dengan baterai 8-10 kilowatt dengan motor listrik yang dipasang pada kedua sumbu roda, telah menggunakan teknologi yang digunakan pada ajang balap Formula 1 yaitu KERS (kinetic energy recovery system) dan mampu meraih kecepatan maksimum 210 km per jam serta dapat menempuh jarak 322 km dalam sekali pengisian baterai.

Anda tidak perlu khawatir motor ini akan jatuh, menurut Daniel Kim, Presiden Direktur Lit Motors, motor listrik ini memiliki swa-penyeimbang (self-balancing) mengunakan giroskopik yang dikontrol secara elektronik dengan mekanisme berbasis roda gila (flywheel). Dengan teknologi giroskopik, sepeda motor ini tetap bisa berdiri seperti mobil ketika berhenti bahkan jika ditabrak dari samping sekalipun. 



Sesuai dengan kemampuannya, motor mobil ini akan dijual dengan harga yang relatif mahal, seharga  16.000 dolar atau sekitar Rp 151,7 juta jika sudah diproduksi secara massal. Namun Lit Motors telah membuka layanan pre-order untuk kendaraan futuristik ini yang baru akan diproduksi pada akhir tahun 2013.
 



No comments:

Post a Comment