Thursday, May 3, 2012

Bagaimana Membuat Iklan Menarik


Membuat iklan yaang menarik adalah tugas seorang marketing, kemampuan mengolah kata yang baik,memilih tema dan moment yang tepat akan menarik konsumen untuk penasaran dan mengingat label atau produk yang kita iklankan, tujuan utama kita dalam menulis iklan adalah agar apa yang kita iklankan terjual, namun ada juga yang sebatas hanya untuk memperkuat branding tentu saja ujungnya atau tujuannya adalah adar terjadi penjualan.

Kita sering melihat dan mendengar di televisi maupun radio gaya bahasa iklan komersil yang masuk kategori iklan penjualan dan iklan yang masuk kategori branding tentu kita sudah bisa membedakan dengan baik.

Coba kita bandingkan iklan berikut. Iklan A : sebut saja iklan rokok, kita sudah tidak menemuka lagi ada orang merokok atau bahasa yang mengajak orang untuk merokok dalam iklan yang di tayangkan akan tetapi justru pada garis besar yang membuat kita akan mengingat bahwa ini adalah Gaya iklannya rokok A, Iklan B : tentu iklan yang mengajak orang utuk membeli sangat mudah kita temukan, baik dengan gaya bahasa mengajak orang untuk membeli secara langsung atau dengan percontohan bahwa orang akan puas ketika menggunakan produk yang kita iklankan, contoh saja : tokoh A menertawakan Tokoh B yang mendorong motornya gara-gara memakai Oli abal-abal sehingga Tokoh A mengatakan “makanya make oli saya biar nggak nelangsa kayak dia “ dan iklan kategori B ini cenderung mendapatkan poin branding sekaligus ajakan untuk terjadinya penjualan.

Lalu gaya iklan manakah yang lebih relevan di gunakan untuk sarana promosi kita? Tentunya Iklan Tipe B lebih baik karna tujuan ikla yang utama adalah yerjadinya penjualan. Da tentunya team kreative jasa advertising harus jeli menentukan target pasar dan moment iklan yang tepat. Dan ada jenis iklan yang baru trend pada era digitalisasi ini adalah menggunakan fasilitas Online, dan 90% iklan pada internet adalah mengandalkan kekuatan gaya bahasa dan gambar, sebab banyak yang tidak nyaman ketika membuka website yang tiba2 di sambut dengan audio iklan. Dan jenis-jenis iklan pada dunia maya akan di bahas pada artikel selanjutnya.
Source: Sahabat e-Clopedia Blogger

No comments:

Post a Comment