Thursday, April 12, 2012

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR)



Bencana alam mengancam keberadaan manusia seperti gempa bumi, tsunami, topan, badai, letusan gunung berapi, banjir, cuaca kering terus-menerus, dan bencana lainnya yang dilaporkan di setiap sudut alam semesta. Pertanyaan besar adalah, harus orang-orang komunitas bisnis menonton menderita dalam kondisi seperti ini atau seharusnya mereka mengambil peran dalam membantu orang miskin Jawaban atas pertanyaan ini adalah sebagai lebih kurang penting, apakah organisasi bisnis harus berpartisipasi dalam tanggung jawab sosial perusahaan?



Perlu dicatat bahwa, partisipasi bisnis dalam CSR (Corporate social responsibility) pada dimensi hubungan masyarakat harus dilakukan dari perasaan yang paling dalam, secara tulus ikhlas dari hal dan perawatan bagi kemanusiaan. Industrialisasi ekonomi dunia telah mengakibatkan menjadi salah satu efek iklim yang merugikan melalui pemanasan global. Alam sangat pemaaf dan akan tetapi bila terjadi kehancuran berarti bahwa itu akan membalas kembali.

Tanggung jawab sosial perusahaan perlu menyentuh kelestarian lingkungan. Orang mungkin berpendapat keluar lingkungan yang tidak indulgensi sosial tetapi intinya adalah lingkungan yang mempengaruhi kesejahteraan sosial masyarakat. Jika lingkungan tercemar, ini berarti bahwa habitat yang mendukung populasi manusia terganggu. Sebagai contoh sumber makanan seperti ikan akan hancur, Bila tanah tercemar menyebabkan penyakit seperti kanker. Perlu diketahui bahwa populasi yang tidak sehat adalah masyarakat yang tidak produktif, hal ini berarti menunjukkan bahwa populasi tidak memiliki daya beli untuk konsumen produk perusahaan.
Daftar daftar jumlah masyarakat yang terpinggirkan dalam masyarakat sangat mencengangkan, tahukah Anda bahwa masyarakat menghadapi tantangan yang berkisar dari penindasan perempuan, anak tidak sehat, dan yatim piatu? Komunitas bisnis kiranya dapat ambil bagian memberikan kontribusi pada pemberdayaan perempuan oleh proyek set up yang meningkatkan kemampuan ekonomi mereka. Demikian pula, perusahaan dapat mengatur fasilitas yang sehat untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi yang sakit. Anak-anak perlu dididik dan itu layak sambil mengingatkan bahwa LSM telah memainkan peran penting dalam mengurangi kebutuhan pendidikan anak-anak terpinggirkan. Dalam peta wilayah dunia, kita lihat benua Afrika dan Asia membentuk populasi besar orang-orang yang terpinggirkan.
 
Dunia sedang mengalami bencana alam pada tingkat yang mengkhawatirkan. Setiap bencana hari dilaporkan di berbagai penjuru dunia. Tak perlu menyebutkan, masyarakat sudah berubah terhadap satu sama lain dan pembunuhan adalah urutan hari. Tentunya kita bertanya mengapa dunia berubah begitu kejam atas sesama sendiri? 

CSR Indonesia
Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan saat ini telah menjadi konsep yang kerap kita dengar, walau definisinya sendiri masih menjadi perdebatan di antara para praktisi maupun akademisi. Sebagai sebuah konsep yang berasal dari luar, tantangan utamanya memang adalah memberikan pemaknaan yang sesuai dengan konteks Indonesia.

http://csrindonesia.com/,  adalah sebuah situs yang didedikasikan untuk membuka diskusi dan menyebarkan wacana CSR agar dipahami oleh lebih banyak lagi pihak: masyarakat sipil, perusahaan maupun pemerintah. Tujuannya adalah agar semua pihak dapat beranjak dari pemahaman yang memadai ketika berbicara tentang CSR, yaitu sebagai suatu wahana yang dapat dipergunakan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dengan pemahaman yang demikian, CSR Indonesia berjanji tidak akan disalahgunakan sebagai marketing gimmick untuk melakukan corporate greenwash atau pengelabuan citra perusahaan belaka.

Dalam situs tersebut dapat dibaca berbagai hal yang berkaitan dengan CSR, mulai dari konsep dasar hingga bagaimana CSR diaplikasikan oleh perusahaan di berbagai sektor. Situs ini juga mengundang Anda untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang CSR melalui ajang diskusi.

Bagi perusahaan-perusahaan yang berkehendak untuk melaksanakan CSR dengan sungguh-sungguh, situs tersebut menyediakan deskripsi layanan jasa yang dapat kami berikan untuk bersama-sama mencapai tujuan keberlanjutan.
 
Artikel terkait:

1 comment:

  1. baru tau om... thanx telah berbagi

    tuker link om... ditunggu konfirmasinya
    htpp://boxpilem.blogspot.com

    ReplyDelete