Monday, January 31, 2011

PEMIMPIN PERUSAHAAN : CEO ATAU PRESIDEN ?



Apa Perbedaan Antara Presiden dan Chief Executive Officer ?


CEO, singkatan dari "Chief Executive Officer" (Indonesia:Pejabat Eksekutif Tertinggi), adalah jabatan tertinggi di suatu perusahaan dan mempunyai tugas untuk memimpin suatu perusahaan dan bertanggung jawab untuk kestabilan perusahaan tersebut. Namun, titel CEO sering mempunyai banyak tafsiran dalam penggunaannya, sering diasosiasikan sebagai President atau Direktur Utama dalam suatu perusahaan. Dan, dalam banyak organisasi CEO malah digambarkan lebih penting daripada President Director perusahaan. Sebab, ia mempunyai tugas yang lebih luas daripada President Director dan sering juga dikombinasikan dengan Chairman of The Board. Disamping itu, terdapat pula CEO yang memiliki peran ganda. Artinya, selain sebagai Chief of The Board (formal), ia juga sebagai Chief of Operational Officer. Secara umum, chief executive officer (CEO) adalah dianggap sebagai perwira tertinggi di perusahaan sementara presiden yang diperintah.

Namun, dalam tata kelola perusahaan dan struktur, banyak permutasian dapat terjadi, sehingga peran kedua CEO dan Presiden mungkin berbeda di berbagai perusahaan. Untuk alasan ini, adalah penting untuk memiliki pemahaman umum dari lingkungan perusahaan dan bagaimana posisi yang berbeda akhirnya masuk ke dalamnya.

Pertama-tama, direksi dipilih oleh pemegang saham sebuah perusahaan dan biasanya terdiri dari kedua direktur dalam (pejabat senior perusahaan) dan direksi luar (individu-individu independen dari perusahaan). Dewan menetapkan kebijakan manajemen perusahaan dan memutuskan tentang isu-isu "gambaran besar" perusahaan. Karena papan bertanggung jawab atas fungsi eksekutif, dan sebagai CEO bertanggung jawab untuk mengintegrasikan kebijakan perusahaan dalam operasi sehari-hari, CEO sering (tetapi tidak selalu) mengisi peran ketua dewan.

Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan dengan berbagai bisnis (a konglomerat ), mungkin ada satu CEO yang mengawasi beberapa presiden, masing-masing menjalankan bisnis yang berbeda dari konglomerat dan melaporkan ke CEO satu. Dalam sebuah anak perusahaan tidak lazim untuk memiliki satu orang melaksanakan peran kedua CEO dan presiden.

Presiden sering memegang posisi chief operating officer (COO). COO bertanggung jawab untuk operasi sehari-hari dan memiliki wakil presiden untuk bagian yang berbeda dari perusahaan pelapor kepadanya. Umumnya, direksi menetapkan kebijakan; presiden mengeksekusi kebijakan dan laporan kembali ke papan tulis, dan akhirnya, dewan melaporkan kembali kepada para pemegang saham yang merupakan pemilik utama.

Sebuah perusahaan tanpa anak perusahaan mungkin memiliki satu orang melaksanakan peran CEO dan Presiden (dan mungkin bahkan ketua). Dengan demikian, komunikasi yang lebih besar dan kontak dapat dicapai antara dewan direksi, yang menetapkan kebijakan, dan presiden, yang mengawasi operasi sehari-hari perusahaan.

CEO tidak selalu ketua dewan, dan presiden tidak selalu COO. Tujuan utama dalam tata kelola perusahaan adalah untuk secara efektif mengelola hubungan antara pemilik dan para pengambil keputusan dan meningkatkan nilai pemegang saham. 

Dewan Direksi
Dewan Gubernur atau Direksi Dipilih oleh para pemegang saham, dewan direksi terdiri dari dua jenis wakil. Tipe pertama melibatkan individu dipilih dari dalam perusahaan. Ini bisa menjadi manager CEO, CFO, atau orang lain yang bekerja untuk perusahaan setiap hari. Jenis lain dari perwakilan dipilih secara eksternal dan dianggap independen dari perusahaan. Peran dewan ini adalah untuk memantau para manajer korporasi, bertindak sebagai advokat bagi pemegang saham. Pada intinya, dewan direksi mencoba untuk memastikan bahwa kepentingan para pemegang saham juga dilayani. 



Anggota Dewan dapat dibagi menjadi tiga kategori:
  • Chairman (Ketua) adalahpemimpin tehnis perusahaan, dialah ketua dewan yang bertanggung jawab untuk menjalankan jalannya perusahaan supaya lancar dan efektif. Tugasnya biasanya meliputi pemeliharaan komunikasi yang kuat dengan chief executive officer dan eksekutif tingkat tinggi, merumuskan strategi bisnis perusahaan, yang mewakili manajemen dan dewan kepada masyarakat umum dan pemegang saham, dan menjaga integritas perusahaan. Serang Chairman (ketua) dipilih dari dewan direksi.
  • Inside Directors (Direktur Dalam) adalah direksi yang bertanggung jawab untuk menyetujui anggaran tingkat tinggi yang disiapkan oleh manajemen atas, pelaksanaan dan pemantauan strategi bisnis, dan menyetujui inisiatif perusahaan inti dan proyek. Inside directors adalah manajer tertinggi baik terhadap pemegang saham dalam sebuah perusahaan. Individu-individu ini juga disebut sebagai direktur eksekutif jika mereka bagian dari tim manajemen perusahaan.
  • Outside Directors – (Direktur Luar), Meskipun memiliki tanggung jawab yang sama dengan direksi di dalam menentukan arahan strategis dan kebijakan perusahaan, direksi luar berbeda dengan Direktur Dalam,mereka tidak langsung bagian dari tim manajemen. Tujuan memiliki direktur luar untuk memberikan perspektif yang tidak bias dan memihak pada isu-isu yang dibawa ke pembahasan.
Adakah Pengaruh Bagi Investasi Anda?


Pelaksana manajemen bersama dewan gubernur memiliki tujuan akhir memaksimalkan pendapatan untuk pemegang saham. Secara teori, manajemen terlihat setelah operasi sehari-hari, dan dewan memastikan bahwa para pemegang saham cukup terwakili. Ketika Anda mencermati sebuah perusahaan, selalu timbul ide yang baik untuk melihat apakah ada keseimbangan yang baik antara anggota dewan internal dan eksternal. Tanda-tanda perusahaan yang baik adalah adanya pemisahan peran CEO, ketua dan staf ahli profesional seperti akuntan, pengacara dan eksekutif. Sebenarnya hal ini tidak biasa untuk memperhatikan posisi dari CEO saat ini (yang ketua), CFO dan COO, bersama dengan CEO pensiunan, anggota keluarga, dll. Hal ini bukan sinyal untuk mengetahui suatu perusahaan investasi yang buruk. Tetapi sebagai pemegang saham, Anda harus mempertanyakan apakah seperti struktur perusahaan berada dalam kepentingan terbaik. (disadur dari : investopedia.com)

Azhar Muhammad

6 comments:

  1. waaaah.. keren..
    saya mau nyanya nih bang, kalau yang mendirikan perusahaan itu nama nya apa yaah??

    silahkan mampir kr gubuk saya..
    www.dikaberliand.co.cc

    ReplyDelete
  2. ehmm baru tau saya, tapi kalo CEO dimarih itu dirut ya??
    jaket kulit

    ReplyDelete
  3. boleh tau Azhar muhammad itu siapa?

    ReplyDelete
  4. Masih ga mudeng sama penjelasannya ehehe, karena saya bukan orng manajemen sih. Jadi intinya CEO itu jabatannya sama dengan presdir ato engga? Klo beda, diantara keduanya, jabatan mana yang paling tinggi? Trimss

    ReplyDelete
  5. mampir kesini untuk cerita wattpad:"

    ReplyDelete