Wednesday, March 20, 2013

Dana Bantuan PKBL




Tahukah Anda bahwa trilyunan rupiah dana bantuan PKBL belum terserap rakyat pengguna? Bila Anda Telah melakukan kegiatan usaha dan mempunyai prospek untuk dikembangkan, maka Anda dapat menerima bantuan pembinaan BUMN melalui Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL).  
 
(PKBL) merupakan Program Pembinaan Usaha Kecil dan pemberdayaan kondisi lingkungan yang dibiayai oleh BUMN. Bantuan tersebut berupa kredit lunak dengan tingkat bunga menurun (sliding) lebih rendah dari tingkat bunga kredit komersil perbankan manapun.

Dana tersebut berasal dari bagian laba BUMN adalah merupakan dana pemerintah atas nama Departemen Keuangan, sepenuhnya digunakan untuk pembinaan koperasi dan pengusaha kecil, sehingga BUMN mempunyai kewajiban untuk mempertanggung jawabkannya kepada Pemerintah dan dalam pelaksanaanya BUMN akan diperiksa oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

Maksud dari pada Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN merupakan penjabaran dari kebijaksanaan dan program pembinaan yang selanjutnya dapat digunakan sebagai pedoman pelaksanaan bagi aparat pembina Instansi, Lembaga, Departemen dan BUMN di Tingkat Pusat, Daerah Tk. I dan II yang berkompeten dalam pembinaan koperasi dan pengusaha kecil.
Tujuan pemanfaatan dana dari bagian laaba BUMN untuk pembinaan usaha kecil dan koperasi tersebut adalah:
  1. Meningkatan kelancaran dan mempercepat proses pelaksanaan pembinaan koperasi dan pengusaha kecil oleh BUMN.
  2. Mengefektifkan penyaluran dana pembinaan oleh BUMN dan mengoptimalkan kemampuan penyerapan dana pembinaan oleh koperasi dan pengusaha kecil sesuai dengan potensi usaha yang dikembangkan.
  3. Meningkatkan koordinasi pelaksanaan pembinaan koperasi dan pengusaha kecil oleh aparat pembina Instansi, Lembaga dan Departemen terkait di Tingkat Pusat dan Daerah.
  4. Mewujudkan koperasi dan pengusaha kecil yang tangguh dan mandiri.
  5. Mewujudkan hubungan kemitraan antara BUMN dengan koperasi dan pengusaha kecil.    
Misi Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) BUMN dalam melakukan pembinaan kepada koperasi dan pengusaha kecil adalah:
  1. Melakukan pembinaan sekaligus menumbuh kembangkan potensi koperasi dan pengusaha kecil agar mampu berperanserta dalam pembangunan perekonomian nasional.Sebagai agen pembangunan BUMN diharapkan dapat mendorong kegiatan dan pertumbuhan ekonomi serta terciptanya pemerataan pembangunan melalui perluasan lapangan kerja dan kesempatan berusaha.
  2. Membantu proses alih teknologi, pengetahuan dan manajemen kepada koperasi dan pengusaha kecil agar dapat mengembangkan usahanya, menciptakan lapangan kerja serta pada gilirannya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat.
  3. Mendorong tumbuhnya kemitraan usaha antara koperasi dan pengusaha kecil dengan BUMN dan Swasta Menengah/Besar.
 
Tata-cara / Persyaratan Pinjaman
Tata cara / persyaratan pinjaman dapat berbeda-beda untuk setiap BUMN, namun secara umum adalah sebagai berikut :
- Mengajukan proposal permohonan pinjaman yang memuat:
- Data pribadi sesuai KTP
- Data Usaha (bentuk usaha, alamat usaha, mulai mendirikan usaha, jumlah tenaga kerja, dsb)
- Data Keuangan meliputi Laporan Keuangan/Catatan Keuangan 3 bulan terakhir,
-    Rencana Penggunaan Dana Pinjaman
-    Melampirkan :
a. Fotocopy KTP Suami/Istri atau identitas lainnya.
b. Fotocopy Kartu Keluarga.
c. Pas Photo ukuran 3x4
d. Ijin Usaha / Surat Keterangan Usaha dari pihak yang  
    berwenang.
e.  Gambar / Denah Lokasi Usaha.
f.  Fotocopy Rekening Bank / Buku Tabungan.
g. Laporan Keuangan Sederhana (diisi pada formulir aplikasi).
h. Surat Pernyataan tidak sedang mendapatkan pinjaman Kemitraan dari BUMN lain.

Daftar BUMN program kemitraan bina lingkungan (PKBL)

2 comments:

  1. Solusi tutup kartu kredit hub fitrie 081210022583/087877701859
    Solusi legal menyelesaikan kartu kredit atau KTA
    BEBAS BLACKLIST
    BEBAS KOLEKTOR
    Jasa penutupan kartu kredit
    Atasi masalah kartu kredit atau kta

    ReplyDelete
  2. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete